Keunggulan dan Perkembangan Pendidikan Matematika
sumber gambar: Google
Matematika adalah sebuah ilmu pasti yang menjadi dasar dari ilmu
lain, sehingga ilmu matematika itu saling berkaitan dengan ilmu lainnya.
Matematika merupakan suatu perhitungan angka-angka yang tidak akan
pernah lepas dari kehidupan manusia ini. Dan matematika juga merupakan
ilmu dasar yang benar-benar mengolah otak. sehingga matematika sering
disebut sebagai ibu dari ilmu pengetahuan.Adapun keunggulan yang dimiliki siswa yang menguasai matematika antara lain :
1. Penalaran. Belajar matematika adalah belajar olah pikir dimana belajarnya dengan penalaran.
2. Komunikasi. Matematika sangat kaya akan gagasan dan hasil yang karakteristiknya singkat, padat, kompak, dan bermakna tunggal. Semua ini harus dapat dikomunikasikan secara lisan, tulisan, atau visual.
3. Pemecahan Masalah. Pemecahan masalah matematika secara efektif dan efisien seringkali didasarkan atas kemampuan membaca dan bernalar. Pemecahan masalah dimulai dengan merumuskan, mengumpulkan informasi, mencari gagasan, merumuskan gagasan dalam langkah tindakan, memeriksa setiap langkah, menuliskan solusi, dan menafsirkan hasil yang diperoleh.
4. Pemahaman konsep dan teori. Banyak masalah yang pemecahannya memerlukan ketajaman konsep dan teori, yang ditampilkan dalam bentuk yang mudah dipahami, kompak tajam, dan siap pakai.
5. Keterkaitan. Banyak topik yang terkait erat satu sama lain dan membentuk jaringan informasi yang solid. Untuk itu siswa yang mempelajari matematika perlu untuk melihat gambaran secara keseluruhan dari berbagai topik yang saling terkait.
Dari kekuatan matematika di atas sangat disayangkan jika saat ini justru siswa banyak yang takut terhadap pembelajaran matematika. Oleh karena itu mari rekan-rekan guru matematika untuk mencari dan menerapkan model-model pembelajaran yang menarik bagi siswa, sedingga siswa menyenangi matematika.
Pembelajaran Matematika masa kini
Pembelajaran matematika masa kini adalah pembelajaran
era 1980-an. Hal ini merupakan gerakan revolusi matematika kedua,
walaupun tidak sedahsyat pada revolusi matematika pertama atau
matematika modern. Revolusi ini diawali oleh kekhawatiran negara maju
yang akan disusul oleh negara-negara terbelakang saat itu, seperti
Jerman barat, Jepang, Korea, dan Taiwan. Pengajaran matematika ditandai
oleh beberapa hal yaitu adanya kemajuan teknologi muthakir seperti
kalkulator dan komputer.
Perkembangan matematika di luar negeri tersebut
berpengaruh terhadap matematika dalam negeri. Di dalam negeri, tahun
1984 pemerintah melaunching kurikulum baru, yaitu kurikulum tahun 1984.
Alasan dalam menerapkan kurikulum baru tersebut antara lain, adanya
sarat materi, perbedaan kemajuan pendidikan antar daerah dari segi
teknologi, adanya perbedaan kesenjangan antara program kurikulum di satu
pihak dan pelaksana sekolah serta kebutuhan lapangan dipihak lain,
belum sesuainya materi kurikulum dengan tarap kemampuan anak didik. Dan,
CBSA (cara belajar siswa aktif) menjadi karakter yang begitu melekat
erat dalam kurikulum tersebut.
Dalam kurikulum ini siswa di sekolah dasar diberi
materi aritmatika sosial, sementara untuk siswa sekolah menengah atas
diberi materi baru seperti komputer. Hal lain yang menjadi perhatian
dalam kurikulum tersebut, adalah bahan bahan baru yang sesuai dengan
tuntutan di lapangan, permainan geometri yang mampu mengaktifkan siswa
juga disajikan dalam kurikulum ini.
Sementara itu langkah-langkah agar pelaksanaan kurikulum berhasil adalah melakukan hal-hal sebagai berikut;
- Guru supaya meningkatkan profesinalisme
- Dalam buku paket harus dimasukkan kegiatan yang menggunakan kalkulator dan komputer
- Sikronisasi dan kesinambungan pembelajaran dari sekolah dasar dan sekolah lanjutan
- Pengevaluasian hasil pembelajaran
- Prinsip CBSA di pelihara terus
Kurikulum Tahun 1994
Kegiatan matematika internasional begitu marak di
tahun 90-an. walaupun hal itu bukan hal yang baru sebab tahun tahun
sebelumnya kegiatan internasional seperti olimpiade matematika sudah
berjalan beberapa kali. Sampai tahun 1977 saja sudah 19 kali
diselenggarakan olimpiade matematika internasional. Saat itu Yugoslavia
menjadi tuan rumah pelaksanaan olimpiade, dan yang berhasil mendulang
medali adalah Amerika, Rusia, Inggris, Hongaria, dan Belanda.
Indonesia tidak ketinggalan dalam pentas olimpiade
tersebut namun jarang mendulang medali. (tahun 2004 dalam olimpiade
matematika di Athena, lewat perwakilan siswa SMU 1 Surakarta atas nama
Nolang Hanani merebut medali). Keprihatinan tersebut diperparah dengan
kondisi lulusan yang kurang siap dalam kancah kehidupan. Para lulusan
kurang mampu dalam menyelsaikan problem-probelmke hidupan dan lain
sebagainya. Dengan dasar inilah pemerintah berusaha mengembangkan
kurikulum baru yang mampu membekali siswa berkaitan dengan
problem-solving kehidupan. Lahirlah kurikulum tahun 1994.
Dalam kurikulm tahun 1994, pembelajaran matematika
mempunyai karakter yang khas, struktur materi sudah disesuaikan dengan
psikologi perkembangan anak, materi keahlian seperti komputer semakin
mendalam, model-model pembelajaran matematika kehidupan disajikan dalam
berbagai pokok bahasan. Intinya pembelajaran matematika saat itu
mengedepankan tekstual materi namun tidak melupakan hal-hal kontekstual
yang berkaitan dengan materi. Soal cerita menjadi sajian menarik
disetiap akhir pokok bahasan, hal ini diberikan dengan pertimbangan agar
siswa mampu menyelesaikan permasalahan kehidupan yang dihadapi
sehari-hari.
Kurikulum taun 2004
Setelah beberapa dekade dan secara khusus sepuluh
tahun berjalan dengan kurikulum 1994, pola-pola lama bahwa guru
menerangkan konsep, guru memberikan contoh, murid secara individual
mengerjakan latihan, murid mengerjakan soal-soal pekerjaan rumah hanya
kegiatan rutin saja disekolah, sementara bagaimana keragaman pikiran
siswa dan kemampuan siswa dalam mengungkapkan gagasannya kurang menjadi
perhatian.
Para siswa umumnya belajar tanpa ada kesempatan untuk
mengkomunikasikan gagasannya, mengembangkan kreatifitasnya. Jawaban
soal seolah membatasi kreatifitas dari siswa karena jawaban benar
seolah-lah hanya otoritas dari seorang guru. Pembelajaran seperti
paparan di atas akhirnya hanya menghasilkan lulusan yang kurang terampil
secara matematis dalam menyelesaikan persoalah-persoalan seharai-hari.
Bahkan pembelajaran model di atas semakin memunculkan kesan kuat bahwa
matematika pelajaran yang sulit dan tidak menarik.
Tahun 2004 pemerintah melaunching kurikulum baru
dengan nama kurikulum berbasis kompetesi. Secara khusus model
pembelajaran matematika dalam kurikulum tersebut mempunyai tujuan antara
lain;
- Melatih cara berfikir dan bernalar dalam menarik kesimpulan, misalnya melalui kegiatan penyelidikan, eksplorasi, eksperimen, menunjukkankesamaan, perbedaan, konsistensi dan iskonsistensi
- Mengembangkan aktifitas kreatif yang melibatkan imajinasi, intuisi, dan penemuan dengan mengembangkan divergen, orisinil, rasa ingin tahu, membuat prediksi dan dugaan, serta mencoba-coba.
- Mengembangkan kemampuan memcahkan masalah
- Mengembangkan kewmapuan menyampaikan informasi atau mengkomunikasikan gagasan antara lain melalui pembicaraan lisan, catatan, grafik, diagram, dalam menjelaskan gagasan.
Sementara itu secara umum prinsip dasar dari
kurikulum tersebut adalah bahwa setiap siswa mampu mempelajari apa saja
hanya waktu yang membedakan mereka dalam ketuntasan belajar. Siswa tidak
diperkenankan mengikuti pelajaran berikutnya sebelum menuntaskan
pelajaran sebelumnya. Dengan demikian remedial-remedial akan seringa
dijumpai terutama siswa yang sering tidak tuntas dalam belajarnya.
Mungkin cukup ini saja tentang keunggulan dan perkembangan pendidikan matematika saat ini.
source (sumber)
Keunggulan Matematika : Pagar Alam dot Com
Perkembangan Pendidikan Matematika : Mas Bando
0 komentar:
Posting Komentar